Selamat! TIM NANOHERBZ FITH berhasil mendapat Pendanaan P2MW 2024

Sumbawa (UTS) – Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2024 merupakan program yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Ditjen Dikti Ristek, Kemdikbud Ristek yang dirancang untuk memperkuat ekosistem kewirausahaan di perguruan tinggi. Program ini mencakup serangkaian pendanaan, pembinaan, pendampingan, dan pelatihan wirausaha bagi mahasiswa. Tim NANOHERBZ dari Fakultas Ilmu dan Teknologi Hayati (FITH) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menjadi salah satu tim yang berhasil lolos pendanaan dalam kompetisi ini.

            Tim NANOHERBZ beranggotakan 5 Mahasiswa yang berasal dari Program Studi Bioteknologi, yaitu Salsabilla Nur Fitrinnisa (Ketua tim) Putri Ulansari (Anggota), Bulan Rimadanta (Anggota), Iin Indriani (Anggota) dan Laeli Sukmawati (Anggota), dengan Dosen Pembimbingnya yaitu Izzul Islam, M.Sc.Eng. Tim ini mengusung tema fabrikasi nanogel berbahan minyak sumbawa dengan pendekatan nanoteknologi. Harapannya, ada diversifikasi produk lokal minyak sumbawa menjadi produk lain dan meningkatkan khasiat bahannya. Produk NANOHERBZ minyak sumbawa selain bertujuan untuk meningkatkan nilai ekonomi produk dan masyarakat dari diversifikasi produk minyak sumbawa , juga memiliki tujuan berkelanjutan dimana memberdayakan komunitas lokal, mempertahankan kekayaan warisan herbal daerah mendukung pengelolaan lingkungan

Tim NANOHERBZ mengungkapkan rasa senangnya atas pencapaian ini. “Harapan kami pastinya, dengan pendanaan bisa membantu dalam mengembangkan inovasi produk lokal dengan keilmuan yang kami pelajari di Bioteknologi, kami juga berharap produk lokal nanogel minyak sumbawa ini bisa dikenal lebih luas lagi dan bisa lolos ke tahap selanjutnya di KMI Award P2MW”. Salsabilla Nur Fitrinnisa menceritakan proses yang ia lalui untuk dapat sampai di tahap tersebut. “Bentuk tim yang solid dengan visi misi dan komitmen, kemudian bagi tugas dengan sebaik mungkin sehingga dalam penyusunan proposal akan lebih mudah” . Salsabilla Nur Fitrinnisa juga menekankan pentingnya teamwork dan time management dalam menghadapi kendala karena angkatan yang berbeda antar anggota tim.

            Pada tahap selanjutnya tim NANOHERBZ ini akan mempresentasikan hasil usahanya di hadapan peserta P2MW se-Indonesia dalam ajang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo yang diadakan pada bulan Oktober 2024.