Mahasiswa FITH Terpilih Jadi Mapres Terbaik Universitas Teknologi Sumbawa 2024

Sumbawa (UTS) – Prestasi gemilang kembali ditorehkan mahasiswa Fakultas Ilmu dan Teknologi Hayati (FITH) di Universitas Teknologi Sumbawa (UTS). Kali ini mahasiswa Program Studi Bioteknologi, Delia Puspita Cahyani, berhasil meraih juara 1 di Pemilihan Mahasiswa Beprestasi (Pilmapres) UTS 2024. Acara puncak Pilmapres UTS 2024 berlangsung pada 27 Maret 2024 di Ruang Publik Kreatif (RPK) UTS.

            Mahasiswa angkatan 2020 ini sukses menjadi mahasiswa berprestasi terbaik UTS usai menyisihkan 7 mahasiswa terbaik lainnya dari masing-masing Fakultas di UTS. Delia mengaku bangga bisa meraih juara pertama dalam Pilmapres UTS 2024. Sebelumnya ia tidak pernah membayangkan akan menyabet predikat sebagai mahasiswa terbaik dalam ajang bergengsi itu.

            “Perasaanya saat diumumkan jadi juara pastinya campur aduk. Senang karena merasakan keberhasilan dari berbagai kesulitan yang saya alami selama persiapan dan selama kuliah, tetapi juga merasa ini adalah sebuah tanggung jawab besar yang harus saya pegang,” ucap Delia.

            Sebelum dinobatkan sebagai Mapres Terbaik UTS, Delia harus melewati serangkaian seleksi panjang. Seleksi dimulai di tingkat fakultas bersaing dengan rekan-rekannya di FITH UTS. Lalu, ia pun terpilih menjadi mahasiswa berprestasi 1 FITH yang mewakili fakultas untuk berkompetisi di tingkat universitas. Perjuangan berlanjut di tingkat fakultas ia beradu dengan mahasiswa lain perwakilan 7 fakultas di UTS.

            Perjuangannya pun membuahkan hasil. Kerja keras dan ketekunannya berhasil menghantarkan Delia menjadi Mapres Terbaik 1 di UTS dan akan melaju seleksi wilayah LLDIKTI VIII.

” Senang dan bangga rasanya bisa terpilih menjadi mahasiswa berprestasi tingkat Universitas, tentu ini bukan hal yang mudah mengingat masing-masing fakultas mengirimkan delegasi terbaik mereka. Bertemu dengan finalis hebat lainnya membuat saya mendapatkan relasi baru dan pengalaman baru. Untuk temen-temen semua, mari jadi mahasiswa yang berani mencoba serta kembangkan minat dan bakat kalian.” ucap Delia Puspita Cahyani Mahasiswa Beprestasi UTS 2024.

            Sebelum terpilih menjadi Mapres Terbaik UTS 2024, Delia Puspita Cahyani ini telah berhasil mengumpulkan sejumlah penghargaan antara lain Relawan Coastal Clean Up, Bungin Island Komunitas Aikite, YSEALI, dan Montana University, Bronze Medal (Essay Competition) Sentosa Foundation (Yayasan Rizki Prima Sentosa)  dan Dikpora Kab. Manggarai Barat, Narasumber kegiatan Forum Komunikasi Pemuda Pelajar Mahasiswa Sumbawa, Buku ber-ISBN penulis pertama, Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa, Founder Herboil (Herbal Oil) Instellar, SEED,dan   Bahasa Bisnis, Piagam Partisipasi 5P Foundation dan ECCO Foundation, Partisipasi Carsten Monster, PEMDA NTB dan Infront, Relawan Green Mindful Indonesia, Fasilitator Universitas Teknologi Sumbawa, MPP, MIA dan National University of Singapore.