Penandatanganan Kerjasama dengan PREE BRIN yang Mendukung Konservasi Sumber Daya Alam di Kabupaten Sumbawa

Sumbawa (UTS) – Fakultas Ilmu dan Teknologi Hayati (FITH) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menjalin kerja sama dengan Pusat Riset Ekologi dan Etnobiologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (PREE BRIN) dalam bidang penelitian. Kerja Sama diwujudkan melalui penandatangan Naskah Perjanjian Kerjasama antara FITH dengan PREE BRIN pada Jum’at, 23 Februari 2024 Secara online melalui zoom meeting.

            Tujuan dari kerjasama ini untuk menghasilkan permodelan di Kabupaten Sumbawa, yang meliputi permodelan sebaran spesies dan potensi keanekaragaman hayati, ekologi pada beberapa tipe ekosistem. Kemudian, hidrologi, Land Use and Land Cover (LULC), dan pengelolaan kawasan dalam upaya peningkatan ketahanan pangan.

            Kepala PREE BRIN Anang Setiawan Achmadi berharap, kegiatan penelitian yang dilakukan dalam kerja sama ini tidak untuk satu atau dua tahun saja. Hal ini untuk mengangkat potensi-potensi Sumbawa dan merekomendasikan peningkatan ekonomi masyarakat maupun pemerintah daerah (pemda).

“Selain itu dipersilahkan para mahasiswa untuk melakukan pembimbingan, penelitian, atau memanfaatkan skema-skema yang ada di BRIN. Bisa berkolaborasi dengan menyusun proposal untuk memanfaatkan sumber dana yang ada di BRIN, baik di Direktorat Talenta maupun Riset dan Inovasi Indonesia Maju (RIIM) Inovasi. Kami berharap, semoga kerja sama ini dilakukan dalam jangka panjang yang dapat meningkatkan peneliti-peneliti unggul di Indonesia,” jelasnya.

            Sementara itu, Maya Fitriana, Dekan Fakultas Ilmu dan Teknologi Hayati, Fakultas Ilmu dan Teknologi Hayati UTS menjelaskan, penandatanganan perjanjian kerja sama dan sebelumnya sudah merencanakan bersama. Dengan menjalin kerja sama interaksi dan kolaborasi, khususnya dengan PREE BRIN.

“Semoga ini menjadi awal yang baik untuk kita lebih produktif, dan ke depan bisa menciptakan atau berkarya lebih banyak. Segala macam skema dan berbagai peluang yang ada di BRIN dapat dimanfaatkan, jadi tidak hanya berhenti pada kegiatan riset saja,” terangnya.

            Untuk berita lebih lanjut bisa menuju link tersebut

https://brin.go.id/news/117638/dukung-konservasi-sumber-daya-alam-di-kabupaten-sumbawa-brin-universitas-teknologi-sumbawa-jalin-kerja-sama-penelitian