Tunjukkan Peduli Lingkungan, FITH UTS Mengadakan Beach Clean Up di Pantai Ai Lemak

Sumbawa (UTS) – Fakultas Ilmu dan Teknologi Hayati (FITH) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) melaksanakan Beach Clean Up di Pantai Ai Lemak, Sumbawa Besar pada Kamis (22/2/24).

            Dekan FITH, Maya Fitriana, S.Si., Ph.D menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh seluruh civitas FITH untuk mendukung kegiatan ini. Kegiatan ini mendapat respon yang baik karena kegiatannya bernilai positif dan bermanfaat. Selain itu Maya Fitriana, S.Si., Ph.D juga berpesan agar FITH UTS terus berperan aktif dalam kegiatan konservasi.

            “Melihat alam yang semakin kesini semakin rusak, sudah sewajarnya peran kita terhadap lingkungan patut diperhitungkan. Saat ini FITH, terkhusus sebagai mahasiswa untuk menjadi pemimpin pembela lingkungan,” tutur Ludia Adhe Ningrum Mahasiswa Bioteknologi.

            Sebelum clean up dimulai, Maya Fitriana, S.Si., Ph.D selaku Dekan FITH menyampaikan juga terkait teknis beach clean up.

“Clean Up dilakukan dengan cara membagi kelompok kemudian sampah dikumpulkan agar mempermudah petugas untuk mengangkut ke TPA” ujar Dekan FITH.

            Demikian juga dengan Mahasiswa Bioteknologi FITH UTS, Ludia Adhe Ningrum berharap kegiatan dan agenda Beach Clean Up untuk ke depan dapat terus bermanfaat untuk sesama.

“Kegiatan Beach Clean Up mungkin timbulnya rasa bangga melihat partisipasi aktif mahasiswa dalam menjaga lingkungan, serta kepuasan melihat dampak positif yang dihasilkan dari kegiatan tersebut terhadap kebersihan pantai dan kesadaran lingkungan masyarakat. Pesannya adalah pentingnya menjaga keberlanjutan kegiatan semacam ini, serta mendorong partisipasi lebih banyak pihak dalam menjaga kebersihan lingkungan pantai untuk masa depan yang lebih baik.” ujar Ludia.

            Beach Clean Up dilakukan dari pukul 09.00 sampai dengan 11.00 WITA. Kegiatan tersebut berupa membersihkan area bibir pantai dan area wisata.

Clean Up Pantai ini melibatkan 70 peserta dengan melibatkan mahasiswa dan dosen FITH. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian kegiatan Family Gathering FITH.