LSCE Regional NTB Sukses dilaksanakan

Sumbawa (UTS) – Dalam rangka memperkenalkan Fakultas Ilmu dan Teknologi Hayati (FITH) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) khususnya kepada siswa SMA/sederajat, mahasiswa FITH menyelenggarakan kegiatan Life Sciences Competition and Expo (LSCE). Kegiatan LSCE ini terdiri dari 4 mata lomba yaitu, E-Sport, Fotografi, Essay Competition, dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI). Kegiatan mata lomba Essay Competition dan LKTI telah dimulai dengan dilakukan seleksi lalu presentasi essay dan LKTI di tanggal 30 Januari 2024 secara online melalui zoom meeting untuk menyeleksi masing-masing 10 dan 5 kandidat dan tim terbaik yang akan kembali presentasi secara offline di Kampus UTS pada tanggal 4 Februari 2024. 

         Adapun rangkaian acara puncaknya dilaksanakan pada hari Sabtu-Senin, 3-5 Februari 2024 di Ruang Publik Kreatif (RPK) UTS, yang diawali dengan acara Pembukaan di Sabtu pagi dilanjutkan dengan kegiatan E-Sport siangnya. Hari kedua dilanjutkan dengan presentasi 10 besar peserta lomba LKTI dan Essay Competition, dan diakhiri dengan acara Penutupan dan Pengumuman Pemenang di hari ketiganya, yang dilaksanakan di Gedung Integreted Laboratory UTS.

         “Tahap pertamanya, penilaian karya essay untuk mendapat 10 besar, kemudian presentasi online untuk mendapatkan 5 besar dan 5 besar ini melakukan presentasi offline untuk mendapatkan 3 besar, ini ttahapannya sama kayak LKTI juga. Untuk lomba Fotografi, yang dinilai oleh juri adalah jumlah like di media sosial Instagram FITH“, ucap Layyin Rahmad Shobirin, Ketua Panitia Pelaksana LSCE. Ia menambahkan, “Kegiatan LSCE ini dilaksanakan dengan tujuan selain untuk memperkenalkan FITH UTS, juga untuk menumbuh-kembangkan budaya kompetitif di kalangan siswa SMA/sederajat, serta meningkatkan wawasan pengetahuan, kemampuan, kreativitas dan kerja keras dalam menguasai sains dan teknologi. Selain itu, rangkaian penyelenggaraan kegiatan ini merupakan sarana belajar dan latihan khususnya bagi panitia, yang dengan penuh perjuangan menyiapkan acara ini dengan banyak suka duka yang dihadapi, banyak masalah dan drama diantara sesama panitia. Tapi hal itu sudah menjadi biasa selama kami menjadi panitia menyiapkan acara ini, Alhamdulilah bisa dilalui bersama dan akhirnya acaranya terlaksana dengan baik. LSCE 2024 menurut Saya pribadi memang keren bangett siih…”.

         Peserta mata lomba LKTI diikuti sebanyak 38 orang (19 orang berasal dari Kabupaten Sumbawa, 17 orang berasal dari Kabupaten Sumbawa Barat dan 2 orang berasal dari Kota Mataram). Untuk mata lomba Essay diikuti oleh sebanyak 21 orang peserta (11 orang berasal dari Sumbawa dan 10 orang berasal dari Sumbawa Barat). Mata lomba Fotografi diikuti oleh 9 orang peserta (7 orang berasal dari Sumbawa dan 2 orang berasal dari Sumbawa Barat Sumbawa). Mata lomba E-Sport diikuti oleh ada 27 orang peserta (10 orang berasal dari Sumbawa dan 17 orang berasal dari Sumbawa Barat), sehingga total jumlah peserta yang ikut dalam kegiatan LSCE ini ada 95 orang yang berasal dari 3 kabupaten/kota di atas.

         Di hari terakhir rangkaian acara, juga diadakannya Expo yang memamerkan produk-produk yang dihasilkan oleh mahasiswa dan dosen FITH dari kegiatan penelitian, praktikum dan mengikuti lomba-lomba. Keluar sebagai pemenang lomba, Juara 1 LKTI dimenangkan oleh MAN 2 Mataram, Juara 2 oleh SMAN 2 Taliwang, dan Juara 3 oleh SMAN 1 Seteluk. Untuk mata lomba Essay Competition, Juara 1 dimenangkan oleh SMAN 1 Taliwang, Juara 2 oleh SMAN 1 Moyo Utara, dan Juara 3 oleh SMAN 1 Taliwang. Mata lomba Fotografi, Juara 1 diraih oleh SMA Dea Malela, Juara 2 oleh SMAN 1 Brang Rea, dan Juara 3 oleh SMKN 1 Tarano. Terakhir pemenang mata lomba E-Sport diraih oleh SMAN 1 Taliwang Tim B untuk Juara 1, Juara 2 oleh SMAN 1 Taliwang Tim A, dan Juara 3 oleh SMAN 1 Empang. Adapun Juara Umum pada kegiatan LSCE ini diraih oleh SMAN 1 Taliwang.