Tuntas! 18 Mahasiswa Bioteknologi FITH Yudisium, Begini Pesan Rektor UTS untuk Lulusan

Sumbawa (UTS) – Sebanyak 18 mahasiswa Fakultas Ilmu dan Teknologi Hayati (FITH) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) yang berasal dari Program Studi Bioteknologi tampak lega dan bahagia mengikuti Yudisium ke-9 Program Sarjana FITH UTS Periode Semester Ganjil 2023/2024 di Aula Sumbawa Grand Hotel pada Kamis, 1 Februari 2024.

Ke-18 mahasiswa itu berhasil menuntaskan studi serta dinyatakan LULUS dan berhak menyandang gelar akademik Sarjana Bioteknologi atau disingkat S.Biotek. Rektor UTS, Chairul Hudaya, Ph.D menyampaikan selamat kepada para lulusan atas perjuangan dan konsistensinya hingga sampai di garis finish studinya. “Yudisium ini hanyalah akhir dari proses pencapaian gelar sarjana, tetapi bukan akhir dari proses belajar, karena belajar merupakan tugas dan kewajiban sepanjang hidup. Sekarang kalau kita tidak belajar, tidak mengembangkan diri, bisa tertinggal,” ucapnya.

Dalam acara Yudisium tersebut, Rektor UTS tidak hanya memberikan sambutan setelah penyampaian sambutan oleh Ketua Panitia Yudisium, Ahmad Reza Jatnika, M.Si dan dilanjutkan oleh Dekan FITH, Maya Fitriana, S.Si., Ph.D., namun juga sekaligus memberikan Kuliah Motivasi terkhusus bagi para peserta Yudisium. Para undangan yang hadir pun begitu khidmat mendengarkan cerita perjalanan karir Rektor UTS yang akrab disapa Bang Irul ini, yang dibarengi dengan hikmah-hikmah yang didapatnya selama perjalanan karirnya tersebut.

Selanjutnya, Wakil Dekan FITH, Muh. Fahruddin, S.Pi., M.Si membacakan nama-nama mahasiswa peserta Yudisium sembari dilakukan penyelempangan dan pemberian Surat Tanda Lulus (STL) Sementara dan ucapan selamat oleh Dekan FITH dan Ketua Program Studi Bioteknologi yang diwakili oleh Lili Suharli, M.Pd, dosen Program Studi Bioteknologi.

Selain itu, di acara Yudisium ini juga diberikan penghargaan kepada Mahasiswa Terbaik Bidang Akademik, yang diraih oleh Nadiyawati, S.Biotek, dan Mahasiswa Terbaik Bidang Non-Akademik, yang diraih oleh Gita Lestari Reski, S.Biotek, yaitu sama-sama merupakan mahasiswi Program Studi Bioteknologi angkatan 2019.

Sebagai mahasiswa Berprestasi dan Terbaik di Bidang Akademik, Nadiyawati mewakili para peserta Yudisium menyampaikan kesan dan pesannya, mengatakan bahwa apa yang mereka capai itu tidak lepas dari dukungan penuh orang tua dan bimbingan dar para dosen dan staf di FITH dan di UTS umumnya. “Saya sangat senang dan bangga berada di Universitas Teknologi Sumbawa, banyak memiliki pengalaman baru selama berkuliah, memiliki teman baru dari berbagai provinsi dan hal yang paling berkesan hari ini adalah bahwa saya berada disini sebagai lulusan terbaik periode ini,” ucapnya.

Hal yang sama juga disampaikan Gita Lestari Reski, “Alhamdulillah tentu saja merasa tidak menyangka dan sekaligus bangga pada diri sendiri (mendapat penghargaan  mahasiswa Berprestasi dan Terbaik di Bidang Non-Akademik). Semoga ke depannya saya dan siapapun itu bisa menjadi lebih baik dan selalu bersyukur” ucap Gita.