Mahasiswa Prodi Bioteknologi Raih Juara 3 Desain Poster Teknologi Kreatif Lingkungan

Sumbawa (UTS) – Mahasiswa dari Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) Fakultas Ilmu dan Teknologi Hayati (FITH) Program Studi Bioteknologi  Lindiani Safitri telah berhasil meraih posisi ketiga dalam kompetisi desain poster yang diadakan oleh Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan Mataram (STTL-Mataram).

            Perlombaan ini mengangkat tema ”Kreatif tanpa Batas, untuk Lingkungan yang Lebih Baik” Lomba tersebut diikuti oleh berbagai kalangan, terutama mahasiswa di Nusa Tenggara Barat. Peserta diharuskan untuk menggambarkan teknologi kreatif untuk lingkungan sekitar melalui kreasi dalam desain poster.

            Karya Lindiani Safitri, yang saat itu merupakan mahasiswa semester tujuh Program Studi Bioteknologi UTS, berhasil menarik perhatian para juri karena dianggap sebagai inovasi, unik, dan memiliki daya tarik yang tinggi.

            Dalam karyanya, Lindiani menggambarkan sebuah botol plastik bekas yang diisi oleh sampah plastic kemudian dipadatkan hingga tidak ada ruang kosong dalam botol. Pada latar belakang poster, dia juga mengilustrasikan gambaran botol plastik bekas bisa menjadi kursi, dinding sebagai pengganti batu bata dan bisa menjadi pot bunga dengan judul poster Mengubah Sampah Menjadi Ecobrick dengan pesan “Sampah mu Tanggungjawab mu”. Melalui karyanya, Lindiani menyampaikan pesan tentang Ecobrick sangat membantu untuk mengurangi limbah plastik, mencegah pencemaran lingkungan, dan menginspirasi kesadaran akan pentingnya pengurangan sampah plastik.

            ”Kalau kita cuman mau ngelakuin hal yang kita bisa, kita ga akan berkembang, jadi senang banget pada akhirnya bisa berani untuk cobain hal baru salah satunya ikutin lomba poster ini, mulai dari cari ide, desain sampai ke presentasi nya semuanya menyenangkan dan intinya senang bisa keluar dari zona nyaman” ucap Lindiani Safitri Mahasiswa Prodi Bioteknologi.