DOSEN ILMU PERIKANAN FITH IKUT MELAKSANAKAN PENANAMAN MANGROVE DENGAN UNIVERSITAS SAMAWA

Sumbawa (UTS) – Beberapa Mahasiswa Ilmu Perikanan dan Konservasi Sumber Daya Alam dan dosen Program Studi Ilmu Perikanan Fakultas Ilmu dan Teknologi Hayati Universitas Teknologi Sumbawa diundang untuk mengikuti kegiatan talkshow dan penanaman mangrove di Dusun Labuhan Terata, Desa Labuhan Kuris, Sabtu (26/08/2023).

            Kegiatan Talkshow dan Penanaman Mangrove yang merupakan bagian dari kegiatan mendukung mitigasi perubahan iklim dan pembentukan kampung iklim di Dusun Labuhan Terata. Kegiatan tersebut memiliki tujuan untuk melestarikan mangrove di daerah Desa Labuhan Kuris.

            Acara tersebut diikuti sekitar 200 peserta dari Universitas Samawa, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa, Forum Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu, Beberapa Mahasiswa Ilmu Perikanan dan Konservasi Sumber Daya Alam FITH UTS, serta Dosen Ilmu Perikanan Muh. Fahruddin, S.Pi., M.Si dan beberapa lembaga lainnya. Muh. Fahruddin, S.Pi., M.Si mengatakan, kegiatan menanam mangrove merupakan salah satu upaya melestarikan lingkungan di kawasan pesisir sekaligus merupakan bentuk mitigasi perubahan iklim.

            ”Kegiatan yang sangat menarik karena melibat kan masyarakat sekitarnya dan menyadarkan mereka akan manfaat yang dihasilkan dan saya sangat senang telah menjadi peserta dalam kegiatan penanaman pohon mangrove tersebut.” Kata Khalidan Mahasiswa Prodi KSDA UTS.

            Sebanyak 1000 bibit mangrove ditanam di kawasan tersebut dengan dibantu 200 peserta. Muh. Fahruddin, S.Pi., M.Si ”kegiatan tersebut tidak hanya penanaman saja tetapi perlu dilakukannya monitoring terhadap mangrove tersebut. Penanaman 1000 bibit mangrove tersebut diharapkan bisa membantu pelestarian hutan mangrove di kawasan Dusun Labuhan Terata.”