DOSEN PRODI PETERNAKAN IKUTI KEGIATAN BIMTEK MANAJEMEN TERNAK RUMINANSIA SAPI DAN KAMBING

Sumbawa (UTS) – Rabu, 23 Agustus 2023 kegiatan Bimbingan Teknis manajemen ternak ruminansia sapi dan Kambing yang dimana pengembangan peternakan Dinas Peternakan NTB bekerjasama dengan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI dan Badan Pembibitan Ternak Unggulan dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT). Kegiatan berlangsung di UPTD Serading, Sumbawa Balai Pembibitan Ternak dan Hijauan Pakan Ternak.

            Dalam acara tersebut, Dosen Prodi Peternakan Bapak Husni, S.Pt., M.Si ditemani dengan Bapak Muh. Fakhruddin, M.Si Wakil Dekan Fakultas Ilmu dan Teknologi Hayati (FITH) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) dan dihadiri 50 orang peserta yang terdiri dari Kelompok Tani Ternak (Bima, Dompu, Sumbawa, KSB dan Lom pulau Lombok dan DPKH Prov. Adapun tujuan Bimtek untuk meningkatkan kemampuan peternak dalam mengelola usaha peternakan dengan baik.

            Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB, Muhamad Riadi, S.P, M.Ec.Dev dalam sambutan disampaikan pakan merupakan salah satu penting dalam usaha peternakan, di NTB kebutuhan pakan dimusim hujan sangatlah melimpah sementara dimusim hujan kekurangan. Kemudian penanganan ternak, sistem pemeliharaan ternak dan penyakit ternak khususnya ternak ruminansia sapi dan kambing.

            Bimtek yang dilaksanakan ini diberikan oleh pemateri yang mempunyai kompetensi pada bidangnya  masing-masing bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia peternak”. Ir. Suriadi Ali Kanto, M.Si selaku Kepala Bidang Perbibitan dan Budidaya Peternakan Provinsi NTB, mengharapkan dengan adanya pelatihan Bimtek Manajemen Ternak Ruminasia ini dapat lebih baik dalam memelihara ternak sehingga memperoleh hasil yang optimal. Husni, S.Pt., M.Si Dosen Peternakan UTS menyampaikan dalam materi Bimtek Manajemen Ternak “Materi Tehnik Cara Penyusunan atau Pengolahan dan Pemberian Pakan pada Ternak Ruminansia Potong Khususnya sapid an Kambing”. Pakan berkualitas adalah pakan yang kandungan protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitaminnya seimbang.