Mengenalkan Bioteknologi 101 ke Siswa SMA/SMK Se Kab. Sumbawa dan Dompu Serta ASEAN Volunteers sambil Bermain di Alam

Sumbawa (UTS) – Fakultas Ilmu dan Teknologi Hayati (FITH) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) bekerjasama dengan Synthetic Biology Indonesia (SynbioID) dan Yayasan Sahabat Pedalamantelah sukses melaksanakan kegiatan “SERSI BRANG SAMAWA – Observasi Biodiversitas Bareng Sobat Sumbawa di Gedung Convention Hall UTS, Batu Alang, Nusa Tenggara Barat. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 7 hingga 9 Agustus 2024 ini bertujuan Mengenalkan Bioteknologi dengan cara yang menyenangkan untuk implementasi permasalahan di sekitar. Tahun ini, SynbioID dan FITH-UTS) kembali menyelenggarakan kegiatan pengenalan Bioteknologi untuk siswa SMA/SMK se Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Dompu. Yang paling special tahun ini adalah kehadiran sepuluh orang volunteer dari ASEAN Foundation yang diakomodir oleh Sahabat Pedalaman. Selain mndapatkan materi bioteknologi secara fun, peserta juga mendapatkan kesempatan untuk bertukar pengalaman dengan volunteer ASEAN yang berasal dari Cambodia, Brunei Darussalam, Malaysia, Thailand dan lain sebagainya.

SynbioID dan FITH-UTS berkomitmen untuk menginspirasi siswa-siswa Indonesia Timur dengan memperkenalkan Bioteknologi dan Biologi Sintetik melalui program-program yang implementatif sesuai dengan permasalahan atau peluang yang ada di sekitar dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Kegiatan ini memberikan pengalaman peserta pemahaman tentang bioteknologi dan hubungannya dengan kehidupan sehari-hari melalui kegiatan seminar dengan memaparkan contoh penerapan bioteknologi di industri, lingkungan, dan kesehatan. Untuk meningkatkan pemahaman teoritis peserta kemudian diberi pengalaman hands-on bioteknologi sederhana dengan menggunakan alat dan bahan yang ada di sekitarnya.  . Salah satu kegiatannya adalah peserta diajak ke Sungai, dijelaskan terkait potensi dan manfaat Sungai dari organisme hingga mikroorganisme yang ada di ekosistem Sungai serta mengobservasi menggunakan foldscope.

Tahun 2023, SynbioID dan FITH-UTS menyelenggarakan kegiatan dengan tema “River Clean Up: Hands on and workshop on SynBio application on plastic waste management yang dihadiri oleh 75 peserta untuk kegiatan selama tiga hari. Para peserta diberikan pemahaman terkait plastik (manfaat hingga dampak) serta alternatif pengolahan sampah plastik dengan pendekatan Biologi Sintetik. Kegiatan juga dilaksanakan di luar kelas yang dilakukan dengan observasi mikro plastik menggunakan foldscope di sungai Brang Biji yang kemudian diikuti dengan kegiatan pembersihan sungai. Hari terakhir, para peserta yang terbagi ke dalam beberapa kelompok kemudian mempresentasikan posternya tentang sampah plastik dan ditutup dengan ekstraksi DNA dari berbagai buah.

Kegiatan yang diselanggarakan tersebut mendapat feedback yang luar biasa karena baru pertama kali di Pulau Sumbawa dan pemahaman tentang Biteknologi dan Biologi Sintetik cukup awam untuk para peserta. Tahun ini, SynbioID dan FITH-UTS kembali akan menyapa siswa-siswi SMA/SMK se-pulau Sumbawa untuk diperkenalkan dengan Bioteknologi melalui observasi lingkungan sekitar dan eksplorasi potensi-potensi yang dapat dikembangkan.

            Hari pertama, Aktivitas indoor dimana Kelas pengenalan Biologi Sintetik yang disampaikan oleh Riri Rimbun Anggih Chaidir M.Sc, Dosen Program Studi Bioteknologi dan Aplikasinya Eksperimen isolasi mikroba dan ekstraksi DNA yang dibantu oleh anggota Synbio, kemudian hari ke-2, dilakukannya River clean up dan Pengambilan sampel air serta lumpur di sungai Global Village UTS, setelah dilakukannya River Clean Up para peserta kembali ke Gedung Convention Hall untuk melanjutkan Pembuatan baterai biologis DIY dari air sungai. Pada hari ke-3, para peserta membuat BioArt dari tanaman dan pengamatan proses mitosis di bawang yang langsung dibantu oleh anggota Synbio setelah kegiatan adanya sambutan Rektor UTS Hj. Niken Saptarini Widyowati, S.E., M.Sc, setelah itu  dilakukannya presentasi Poster oleh masing-masing kelompok. ”Selama di event ini adalah Saya sangat senang segala sesuatu yang diajarkan entah yaitu tentang teknologi dan juga tentang genetik, yaitu modifikasi genetik, Saya telah belajar banyak dari awal, dari pertama sampai akhir, bahkan Saya telah bersenang-senang yaitu meskipun dari eksperimen-eksperimen seperti membuat baterai, bahkan kita ke sungai untuk mencoba menggunakan alat foldscope, itu sangat-sangat menarik dan menyenangkan, bahkan dari sini kita diperkenalkan juga dengan orang-orang yang datang dari ASEAN dan kita juga bisa belajar bahasa inggris bersama mereka dan kami memiliki banyak teman dan kenalan baru yang bisa kami ajak berkomunikasi dan saling bekerjasama.” ucap Celvin Jaya Sinulingga siswa SMAN 3 Sumbawa Besar.