ORMAWA FITH UTS Mengadakan Pelatihan Pembuatan Pupuk Bokashi di Labuan Mapin

Sumbawa (UTS) – Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA) Fakultas Ilmu dan Teknologi Hayati (FITH) Universitas Teknologi Sumbawa mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan tema ”Pelatihan pembuatan pupuk organik (Bokashi) ramah lingkungan”. Kegiatan ini berlangsung di Labuan Mapin, Kecamatan Alas Barat, Kabupaten Sumbawa pada tanggal 15 Juli hingga 18 Juli 2024.

            “Kami melihat kondisi Desa Labuan Mapin yang cukup kering dan sedikitnya masyarakat dalam menanam pepohonan atau tanaman-tanaman yang hidup disekitar. Sehingga Desa terlihat kering, gersang dan sebagainya. Hal tersebut yang melatar belakangi kami mengadakan pelatihan pembuatan pupuk bokashi ini,” ujar Rizka Hidayati, salah seorang ORMAWA FITH UTS.

            Pupuk bokashi merupakan pupuk yang dibuat dari proses fermentasi sekam, kotoran kambing, dan dedak dengan bantuan larutan EM4 serta molase.

“Pupuk bokashi memiliki kelebihan lebih murah dibandingkan dengan pupuk yang ada di pasaran dan memiliki kandungan nutrisi hayati yang baik untuk tanaman,” ucap Rizka.

            Kegiatan yang diadakan di Labuan Mapin ini dihadiri oleh Kepala Dusun Labuan Mapin dan Ketua RT Labuan Mapin.

            “Rangkaian kegiatan dimulai dengan perkenalan para anggota ORMAWA FITH, pemaparan singkat tentang pupuk bokashi. Kemudian dilanjutkan dengan demonstrasi pembuatan pupuk bokashi yang kemudian dipraktikkan oleh para peserta. Saya sangat terkesan dengan semangat dan dedikasi seluruh teman-teman ORMAWA FITH yang terlibat dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Labuan Mapin. Kolaborasi yang terjalin menunjukkan kepedulian kita terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar. Kerja sama ini membuktikan bahwa dengan bersatu, kita bisa memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat Desa. Saya berharap kegiatan ini bukan hanya menjadi acara tahunan, tetapi juga menjadi awal dari komitmen jangka panjang kita dalam pengabdian kepada masyarakat. Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk terus berinovasi dan mencari solusi bagi permasalahan yang ada di masyarakat. Teruslah berkontribusi, berkarya, dan berinovasi demi kemajuan bersama.” harap Rizka Hidayati Ketua Himpunan HIMABIOTEK.