Yudisium FITH UTS, Luluskan 38 Mahasiswa Tahun Akademik 2023/2024

Sumbawa (UTS) – Sebanyak 38 Mahasiswa Fakultas Ilmu dan Teknologi Hayati (FITH) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) resmi dinyatakan lulus dalam agenda Yudisium Program Sarjana Periode Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024. Yudisium digelar di La Grande, Sumbawa, Kamis (07/08/2024).

            Agenda tersebut dihadiri Rektor UTS, Niken Saptarini Widyowati, S.E., M.Sc., Dekan FITH UTS, Maya Fitriana, Ph.D., serta sivitas akademika FITH UTS. Pada yudisium kali ini, FITH UTS meluluskan mahasiswa dari Program Studi (Prodi) S1 Bioteknologi sebanyak 25 mahasiswa dan Prodi S1 Peternakan 13 mahasiswa.

            Maya Fitriana, Ph.D. mengungkapkan rasa bahagianya atas terlaksananya acara yudisium FITH yang kali ini tidak hanya meluluskan mahasiswa Prodi Bioteknologi seperti pada semester-semester sebelumnya, namun yang spesial kali ini adalah juga meluluskan mahasiswa Prodi Peternakan untuk pertama kali yang menyusul dibuka pada tahun 2020 lalu. “Terima kasih kepada segenap dosen yang telah menjalankan perannya sehingga Kita sekarang dapat menyaksikan kelulusan mahasiswa Kita,” ungkap Maya Fitriana, Ph.D.

            Dalam acara yudisium ini, FITH memberikan apresisi kepada Lulusan Terbaik Bidang Akademik Periode Semester Genap TA 2023/2024 yang diperoleh oleh Hamidah Nur Aulia dengan IPK 3.92, predikat ”Dengan Pujian”, berasal dari Prodi Bioteknologi dan dari Prodi Peternakan diraih oleh Rindi Antika dengan IPK 3.94, predikat ”Dengan Pujian. Selain itu, Lulusan Terbaik Bidang Non-Akademik dari Prodi Bioteknologi diraih oleh Nayeng Githa Aiyodya Ayunda dengan IPK 3.82, predikat ”Dengan Pujian” dan Fahri Timura Astana Putra dengan IPK 3.81, predikat ”Dengan Pujian yang berasal dari Prodi Peternakan.

            Niken Saptarini Widyowati, S.E., M.Sc., dalam sambutannya menyampaikan pesan penting kepada para peserta yudisium untuk menjadi insan yang berbudi luhur dan menebar manfaat bagi sesama. “Jadilah manusia yang berbudi luhur dan menebar manfaat untuk sesama. Hidup ini bukan siapa yang hebat tapi siapa yang paling banyak memberi manfaat untuk sesama,” ungkapnya rektor wanita pertama UTS ini.

            Hamidah Nur Aulia, salah satu peserta terbaik yudisium bidang akademik mengaku idak menyangka ketika disebut Namanya sebagai Mahasiswa Terbaik Bidang Akademik, sebab ia merasa masih banyak yang lebih baik. Dengan perasaan haru bahagia, Hamidah berharap semoga seluruh peserta yudisium mendapat kemudahan serta kesuksesan di dunia dan akhirat.

“Senang bisa memberikan kabar bahagia untuk kedua orang tua di rumah. Selama prosesnya, saya banyak belajar hal baru dengan cara yang berkesan. Dosen dan staff yang inspiratif, hingga teman kuliah yang supportif. Menyeimbangkan nilai akademik dan prestasi tidaklah sulit, namun diperlukan dedikasi serta komitmen. Semoga estafet kebermanfaatan ini akan terus bergilir juga memberikan semangat kepada mahasiswa dalam proses belajar dan berkarya.” ungkap Hamidah Nur Aulia.

Kegiatan diakhiri dengan persembahan musikalisasi puisi dari mahasiswa Prodi Bioteknologi yang dilanjutkan dengan pembacaan do’a. Terakhir, yaitu foto bersama dengan para peserta yudisium dan sivitas FITH UTS.