Dosen dan Mahasiswa FITH UTS Berdayakan Kelompok PKK Desa Pernek, Kabupaten Sumbawa Melalui Pengembangan Produk Hasil Hutan Non-Kayu dan Penjualannya di E-commerce

Sumbawa (UTS) – Produk Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) yang dihasilkan masyarakat dari kelompok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Desa Pernek, Kecamatan Moyo Hulu semakin menumbuhkan optimisme atas terwujudnya hutan untuk kesejahteraan masyarakat.

Hal ini terungkap pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, yang dilakukan oleh Dosen Program Studi Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Fakultas Ilmu dan Teknologi Hayati (FITH) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) Abdul Azis, S.Si., M.Si., dibantu oleh Fatimah Adiba (Mahasiswa Program Studi KSDA), Shobrina (Mahasiswa Program Studi KSDA), Wahyunita (Mahasiswa Program Studi Bioteknologi), dan Firmanzah (Mahasiswa Program Studi Peternakan) Senin (15/7/2024).

            “Ini membuktikan bahwa meletakkan pengelolaan hutan pada tingkat tapak di PKK itu ternyata baik dan optimal. Saya kira ini sesuai harapan Bapak Presiden, yaitu mewujudkan hutan untuk rakyat dan hutan untuk kesejahteraan, itu kelihatan dari display produk hasil hutan di sini,” ujar Dosen Prodi KSDA, Abdul Azis, S.Si., M.Si.

            Kegiatan pengabdian kepada masyarakat FITH UTS ini dibuka dengan sambutan Dekan FITH UTS, Win Ariga Mansyur Malonga, S.Pi., M.Sc yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Desa Pernek Abdul Majid, A.Md. Setelah disampaikannya sambutan-sambutan, dilanjutkan penyampaian materi oleh Abdul Aziz, S.Si., M.Si, Dosen Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) FITH UTS dengan materi Pembuatan Produk Hasil Hutan non-Kayu dan Marketing E-Commerce  Bagi Kelompok PKK Desa Pernek.

            Dalam penyampaian materi oleh Abdul Azis, S.Si., M.Si, membawa hasil produk Hutan Non-Kayu yang menginformasikan kepada para masyarakat terkait produk yang dibuat oleh Tim PKKM Abdul Azis, S.Si., M.Si ini, selain itu dalam materinya Abdul Azis, S.Si., M.Si., mengajak para masyarakat untuk menjual produk yang dibuat melalui E-Commerce.

            ” Alhamdulillah antusias warga Desa Pernek luar biasa sekali, jadi buat kegiatan semakin meriah dan sukses. Semoga bisa diterapkan / dipraktikkan di rumah masing-masing.”Ucap Fatimah Adiba Mahasiswa Prodi KSDA.