Dosen dan Mahasiswa FITH UTS Raih Juara Pekan Inovasi dan Teknologi Kabupaten Sumbawa 2024

Sumbawa (UTS) – Fakultas Ilmu dan Teknologi Hayati (FITH) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menorehkan prestasi membanggakan di kancah Pekan Inovasi dan Teknologi yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA) Sumbawa. Kali ini, Dosen dan Mahasiswa FITH UTS berhasil meraih juara kedua dan ketiga kategori Masyarakat Umum dan kategori Mahasiwa dalam Lomba Inovasi dan Teknologi 2024.

            Prestasi ini diumumkan pada Kamis (11/07/2024) di Aula SMKN 1 Sumbawa. Dosen dan Mahasiswa FITH UTS berhasil mengungguli peserta lain dari berbagai kalangan dengan inovasi Nanoherbs: Pengembangan Gel Minyak Sumbawa Berbasis Sintesis Nano Teknologi dengan Metode Ekstraksi Ultrasonik yang diciptakan oleh Izzul Islam, M.Sc.Eng dari Program Studi Bioteknologi mendapati Juara 2 Kategori Masyarakat Umum, kemudian Juara 3 Kategori Umum diraih oleh Imam Munandar, S.Pt., M.Si dengan Inovasi Superwaferfeedim: Inovasi Pakan Fungsional untuk Ternak Ruminansia Berbasis Limbah Jagung yang Difortifikasi dengan Probiotik dan Prebiotik.

            Kemudian kategori Mahasiswa dengan Inovasi Sensor Monitoring Kualitas Air secara Realtime (MKA Sensor) sebagai Upaya Peningkatan Hasil Produksi dalam Budidaya Udang (Caridea) meraih juara kedua yang diketuai oleh Layyin Rahmad Shobirin (Mahasiswa Program Studi Bioteknologi), dengan anggota yaitu Wulan Sari (Mahasiswa Program Studi Bioteknologi), Irfan Fajardiansyah (Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro), kemudian juara 3 diraih oleh Iqbal Bayhaqqi (Mahasiswa Program Studi Bioteknologi) sebagai Ketua, dengan anggota yaitu Rahma Saprin (Mahasiswa Program Studi Bioteknologi), Siti Fadilah (Mahasiswa Program Studi Bioteknologi) dengan Inovasi Teknologi Pengubah Air Bersih menjadi Air Tawar berbasis Zeolite.

            Imam Munandar, S.Pt., M.Si menyampaikan rasa bangganya atas prestasi yang diraih oleh Dosen dan Mahasiswa FITH UTS. “Ini merupakan prestasi yang luar biasa dan membanggakan bagi Dosen dan Mahasiswa FITH,” kata Imam Munandar. “Prestasi ini menunjukkan bahwa FITH memiliki banyak potensi di bidang inovasi dan teknologi.”

            Imam Munandar, S.Pt., M.Si berharap prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi Dosen dan Mahasiswa FITH UTS untuk terus berinovasi dan menciptakan teknologi-teknologi baru yang bermanfaat bagi masyarakat.

            “Di kegiatan ini membuat saya melihat orang-orang yang mempunyai begitu banyak inovasi orang-orang dengan pikiran out of the box dengan karya yang luar biasa. Dengan melihat karya tersebut secara langsung membuat saya yakin bahwa Sumbawa bisa berkembang dengan menggunakan ide-ide generasi muda. Saya berharap dengan melalui kegiatan ini banyak anak-anak muda yang lebih tertarik mengembangkan minat dan ide nya, dan Semoga kegiatan ini memiliki kelanjutan ke tingkat lebih tinggi.” Ucap Layyin Rahmad Shobirin (Mahasiswa Program Studi Bioteknologi).