HIMAKOVI UTS Mengundang Dosen Prodi Peternakan dalam Kegiatan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik (BOKASHI) yang Ramah Lingkungan

Sumbawa (UTS) – Green House FITH, 24 Juni 2024 bertempat dibelakang Fakultas Ilmu dan Teknologi Hayati (FITH) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) dilaksanakan kegiatan Pelatihan Pengolahan Pupuk Organik ( BOKASHI). Hadir dalam kesempatan tersebut Husni, S.Pt., M.Si, Dosen Prodi Peternakan yang diundang oleh Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumber Daya Alam (HIMAKOVI) dalam kegiatan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik (BOKASHI) yang Ramah Lingkungan.

            Pelatihan pembuatan pupuk organik yang dilaksanakan dengan mengundang Dosen Prodi Peternakan selaku narasumber di ikuti dengan antusias oleh Mahasiswa KSDA. Pembuatan pupuk secara langsung yang dilakukan oleh Mahasiswa KSDA dan didampingi oleh Husni, S.Pt., M.Si, dengan menggunakan bahan-bahan seperti daun-daun mati, EM-4, MOLASE, kotoran sapi dan ayam, sekam padi, dedak halus, serbuk gergaji dll. Di campurkan secara merata setelah itu di masukkan kedalam plastik kedap udara hingga minimal 7 hari, hingga pupup siap untuk digunakan.

Sebelum dipraktekkan cara pembuatannya, Mahasiswa KSDA diberikan materi mengenai bahan, alat, cara pembuatan, cara penggunaan, dan manfaat pupuk Organik.  Sambil menyampaikan materi pelatihan, Husni, S.Pt., M.Si mengungkapkan harapannya kepada Mahasiswa KSDA agar bisa menyampaikan kepada warga yang lain serta bisa gotong royong untuk menciptakan dan menggunakan pupuk organik.

”Saya mendapat ilmu baru dan pengalaman baru yang sangat banyak, kemudian pesan saya mari kita bersama-sama mengembangkan pupuk kompos atau pupuk organik ini agar kita dapat mengurangi pencemaran lingkungan. Untuk harapannya semoga kita bisa melakukan atau terjun langsung ke masyarakat untuk mengedukasi supaya dapat dilakukan secara mandiri.” Ucap Bayu Hasri Jiwanda Selaku Ketua Pelaksana Kegiatan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik (BOKASHI) yang Ramah Lingkungan.